Putra Hagatha

Putra Hagatha adalah blog yang membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan Teknologi komputer dan Software Komputer

Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau PC Terbaru

Hay Sobat, Selamat Datang di Putra Hagatha Blog :)

Komputer dan laptop kini telah menjadi kebutuhan yang amat sangat penting di jaman serba modern seperti sekarang, karena dua perangkat tersebut mampu memudahkan kalian dalam menjalankan aktifitas sehari-hari terutama untuk input data.
Kebutuhan dalam pengoprasian komputer setiap manusia memang berbeda-beda, itu dipengaruhi dari mulai pekerjaan, sosial media, atau bahkan hanya untuk bermain game menghibur diri. Ternyata PC atau laptop dapat dengan mudah mengalami hang saat digunakan, itu biasanya disebabkan oleh banyak faktor.
TIPS MEMPERCEPAT KINERJA KOMPUTER
 
Sebagian orang mungkin menyadari bahwa komputer yang dipakainya begitu tidak berperforma dan tidak bekerja sebagaimana mestinya, namun hal tersebut malah dibiarkan saja serta menganggap semua itu disebabkan oleh faktor spesifikasi yang rendah.
Kualitas mesin dapur pacu yang mendukung sebenarnya tidak dapat dijadikan tolak ukur dalam suatu kinerja komputer atau laptop, pasalnya ada penyebab lainnya yaitu berupa penumpukan file, cara pemakain, cara perawatan, banyaknya virus dan masih banyak lagi.
Kesal dan jengkel bukan apabila komputer atau laptop yang digunakan sehari-hari mudah panas dan lemot, berikut tips cara mempercepat kinerja komputer, cekidot:

1.     Matikan Program yang Tidak Penting


Tidak terlalu sangat penting namun berpengaruh besar pada akselerasi kinerja PC terutama pada saat proses Stratup, sejenis program atau aplikasi yang tidak terpakai namun menumpuk dan berjalan di desktop membuat komputer kalian menjadi sangat berat untuk di oprasikan.
Biasanya User yang tidak memperhatikanya akan merasa hal tersebut sepele, padahal jika dilihat lagi ini merupakan salah satu faktor penyebab proses booting menjadi amat sangat lama pada sistem operasi. Lakukan pengecekan ulang terhadap software yang ingin dimatikan supaya tidak mengalami hang.

2.     Nonaktifkan Gadget Atau Wallpaper Berjalan


Bagi kalian yang gemar memasang gadget atau wallpaper berjalan disebuah desktop demi mempercantik tampilan layar, ada baiknya untuk segera menonaktifkanya aplikasi atau software semacam itu. Tidak ayal lagi apabila hal tersebut memperlambat kinerja komputer atau laptop.
Apabila kalian merasa sudah mematikan semua gadget tidak penting yang berjalan di desktop namun masih begitu terasa lemot, cara terakhir satu-satunya adalah dengan menambahkan spesifikasi yang dibekali oleh komputer atau laptop.

3.     Gunakan Antivirus


Antivirus memiliki peranan penting, pasalnya dengan menggunakan bantuan antivirus kalian dapat dengan mudah menghilangkan virus bahkan bug pada komputer atau laptop. Demi memusnahkan virus membandel, satu-satunya cara yaitu dengan menginstal software antivirus yang sudah banyak disedikan oleh pihak ketiga.
Jika kalian tidak begitu merasa yakin dengan antivirus yang dibuat oleh pihak ketiga, maka kalian dapat menggunakan antivirus standard yang di sediakan oleh sistem oprasi seperti contohnya terdapat pada Win10 yaitu Windows Defender.

4.     Lakukan Disk Clean Up

Fungsi utama dari utility disk clean up pada windows yaitu untuk membuang semua aplikasi atau file sampah yang sudah tidak diperlukan pada komputer, cara ini sudah cukup terbukti akan kepastianya. Mengapa Demikian? Karena Disk CleanUp adalah Program yang terdapat pada Komputer / Laptop anda sendiri!! Dan Disk CleanUp ini Memiliki tugas yang sangat penting dalam sistem komputer, Tugas-nya yaitu untuk Membersihkan File Dokumen dan Program - Program Komputer / Laptop yang tidak diPerlukan lagi untuk menjalankan Sistem Operasi atau bisa dikatakan Sudah Tidak Layak lagi diGunakan karena tidak memenuhi kebutuhan. Lakukan Disk Clean Up minimal seminggu sekali supaya file sampah tidak menumpuk.

5.     Defrag Harddisk Secara Berkala

Salah satu tips pintar dalam menambah akselerasi performa mesin sebuah komputer atau laptop yaitu dengan melakukan defrag harrdisk, menggunakan software ini kalian dapat secara mudah membersihkan ruang kosong serta menyetabilkan harddisk apabila ada file yang mengalami error dan bug. Bermanfaat untuk mengembalikan susunan dan menyusun ulang file yang berbeda beda sector ( didalam hardisk terdiri dari banyak sector) sehingga dapat mempercepat proses membaca dan menulis di hardisk contohnya jadi lebih cepat membuka file. Dengan melakukan defrag hardisk secara berkala dapat mengurangi resiko kerusakan baik itu bad sektor yang dapat mengurangi masa pemakaian harddisk.

6.     Mengatur Partisi Penyimpanan System



Tips mutahir demi mempercepat kinerja program PC yang selanjutnya yaitu dengan melakukan pemisahaan file secara benar dan tepat, caranya adalah membuat partisi(ruang penyimpanan) khusus antara file sistem operasi(OS) dan data khusus pribadi.
Dibuatnya berkas secara terpisah seperti itu, maka dapat dipastikan PC secara otomatis dapat membaca perintah user dan programnya secara benar sehingga komputer atau laptop dapat berjalan dengan baik. Uniknya, dengan memakai cara tersebut file system tidak akan mengalami eror.

7.     Uninstal Program Yang Tidak Terpakai



Terlalu sering serta banyak menginstal software tidak penting pada PC atau laptop membuat kinerja hardware semakin lelet, bukan lain dan bukan tidak hal itu semata-mata karena terdapat begitu banyak penumpukan file-file pada ruang harddisk.
Sebelum menginstal suatu program ada baiknya kalian terlebih dahulu memastikan bila software yang kalian ingin gunakan tersebut begitu berguna sesuai kebutuhan sehari-hari. Apabila tidak begitu penting, maka urungkan niat kalian untuk mengoprasikanya.

8.     Memastikan Spesifikasi Sebelum Instalasi Windows


Hal semacam ini biasanya sangat sekali sering dilupakan oleh pemilik demi meningkatkan kualitas komputer atau laptop, windows akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin dapur pacu. Apabila sudah terjadi, secara tidak langsung kalian telah memaksakan PC untuk bekerja keras.
Satu-satunya jalan dan cara terakhir yaitu dengan mengistalasi windows secara ulang seperti sediakala, namun kalian harus melihat kesanggupan PC tersebut supaya tidak mengalami kerusakan yang parah melebihi kinerja mesin yang lelet.

9.     Bersihkan Perangkat CPU Dari Debu
Kalian tentunya sudah tidak mempunyai waktu kosong untuk membersihkan komputer atau laptop dari debu yang menumpuk di komponen PC seperti misalnya rangkaian Motherboard, hal tersebut sulit dilakukan tapi sangat begitu terbukti akan hasilnya.
Jika kalian tidak membersihkan seperangkat CPU dengan rutin secara berkala, maka dapat dipastikan hal buruk akan terjadi kepada laptop atau komputer yang kalian gunakan terutama digunakan untuk aktifitas sehari hari. Setidaknya, sempatkan waktu untuk membersihkan dengan alat bantu seperti penghisap debu.

10. Menambah Fan
Menambahkan Fan(kipas pendingin) begitu berarti, selain untuk mendinginkan komponen CPU ternyata hal simpel semacam itu mampu membuat suhu pada ruangan casing tetap terjaga. Lebih uniknya lagi, fungsi kipas akan secara otomatis mengganti udara panas dengan udara segar.
Sangat menyenangkan, ditambah lagi bagi kalian yang senang sekali memodifikasi serta menambahkan inovasi-inovasi terbaru pada komputer atau laptop. Saran yang sering digunakan yaitu dengan memasangkan kipas tambahan berukuran besar tepat ke arah CPU.


Nah tadi adalah Cara/Langkah agar Kinerja Komputer / Laptop jadi lebih Ringan. Sekian dari Putra Hagatha, semoga Bermanfaat. Jangan lupa kunjungi juga Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Komputer. dan Cara Melihat IP Address PC Orang Lain.
Terimakasih.

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau PC Terbaru"

Post a Comment

Mohon Berkomentar dengan menggunakan kata yang yang baik,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel