Putra Hagatha

Putra Hagatha adalah blog yang membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan Teknologi komputer dan Software Komputer

Cara Membersihkan Cache Komputer / Laptop Agar Tidak Lambat, Bersih Tuntas.

Hay Sobat, Selamat Datang di Putra Hagatha Blog :)
Salah satu faktor penyebab laptop lambat atau sering dikatakn lemot adalah terjadinya penumpukan file sampah pada harddisk. File sampah yang dimaksud adalah file-file sisa yang ditinggalkan oleh program aplikasi yang telah dihapus sebelumnya, temporary, maupun file yang tersimpan pada recycle bin. Cache adalah proses penyimpanan sementara data atau halaman HTML dan gambar sebuah website untuk mengurangi penggunaan bandwidth dan loading server. Secara sederhana, cache adalah teknologi yang membantu menampilkan halaman website lebih cepat. Berbeda dengan cookies yang merekam jejak dan aktivitas pengguna ketika berselancar di internet. Tanpa adanya cache proses menampilkan halaman website bisa memakan waktu lama. Oleh karena itu, agar halaman website Anda bisa loading lebih cepat, Anda harus menggunakan teknologi caching.
Ada dua kategori cache, yaitu client side caching dan server side caching. Client side caching adalah proses caching yang terjadi di browser pengguna internet. Proses caching ini dapat dikelola oleh pengguna melalui pengaturan di browser. Sedangkan server side caching adalah proses caching yang terjadi di server dan website. Nah, seiring pemakaiannya laptop yang kita pakai semakin hari akan semakin lambat, karena cache pada windows akan semakin banyak, Setelah tau apa itu cache dan kategorinya, maka kita perlu untuk menghapus file cache tersebut untuk membersihkan laptop kita.
Caranya :
1.       Menghapus Cache Laptop Dari Folder Temp dan %Temp%



a.      Pertama, tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka program Run. Setelah muncul kotak programnya ketikkan ‘temp’ (tanpa tanda petik) kemudian klik OK atau bisa langsung tekan Enter pada keyboard. Kemudian akan muncul jendela baru. Nah, Anda akan melihat banyak sekali file dan folder disana. Klik Ctrl + A kemudian tekan Shift + Delete pada keyboard untuk menghapus semua file sampah/cache tersebut. Jika muncul kotak dialog ‘permission’ atau ‘Acess Denied’, pilih saja Continue. Dan jika muncul kotak dialog ‘folder in use’ atau sebagainya, maka pilih skip, karena mungkin file cache tersebut sedang dibutuhkan di komputer anda.
b.     Kedua, buka program Run kemudian ketikkan ‘%temp%’ (tanpa tanda petik) lalu klik OK atau bisa langsung tekan Enter pada keyboard. Caranya sama seperti sebelumnya, klik Ctrl + A kemudian tekan Shift + Delete pada keyboard untuk menghapus semua file sampah/cache tersebut.

2.       Menghapus Cache dari folder SoftwareDistribution

Software Distribution di sistem operasi Windows adalah folder yang terletak di direktori Windows dan digunakan untuk menyimpan sementara file yang mungkin diperlukan untuk menginstal Windows Update pada komputer Anda. Secara umum aman untuk menghapus isi Folder Software Distribution, setelah semua file yang diperlukan telah digunakan untuk menginstal Pembaruan Windows. Cara menghapusnya adalah :


a.     Masuk ke Windows Explorer bisa dengan menekan tombol Windows + E di keyboard, setelah itu masuk ke direktori C:\Windows\SoftwareDistribution\Download. Bisa juga melalui program Run, caranya tekan Windows + R, stelah itu ketik ‘C:\Windows\SoftwareDistribution\Download’ (tanpa tanda petik) lalu klik OK atau bisa langsung tekan Enter pada keyboard.
b.     Setelah Masuk ke folder Download tersebut, langsung saja tekan Ctrl + A kemudian tekan Shift + Delete pada keyboard untuk menghapus semua file sampah/cache tersebut.

3.       Membersihkan Cache di folder Prefetch
Folder prefetch adalah folder yang diciptakan oleh system windows, dimana isi dari folder ini berupa file-file berekstensi .pf yang dibentuk atau dibuat saat anda menjalankan aplikasi, disebut juga trace file. Cara menghapus nya.
a.      Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka program Run. Setelah muncul kotak programnya ketikkan ‘prefetch’ (tanpa tanda petik) kemudian klik OK atau bisa langsung tekan Enter pada keyboard. Jika muncul dialog permission, klik saja Allow.
b.      Caranya sama seperti sebelumnya pada penghapusan sampah pada folder ‘temp’, klik Ctrl + A kemudian tekan Shift + Delete pada keyboard untuk menghapus semua file sampah/cache tersebut.

4.       Membersihkan Cache Laptop Menggunakan fitur Disk Cleanup
Disk Cleanup, adalah sebuah fitur Windows yang berfungsi untuk membersihkan seluruh junk files yang ada pada drive tertentu. Bukan cuma junk files, data-data lain seperti catatan tertentu pada Windows, file-file di recyle bin, data-data internet dan lain-lain bisa dihilangkan menggunakan Disk Cleanup. Nah, setelah Anda melakukan penghapusan file cache pada temporary tadi, Anda juga harus menggunakan Disk Cleanup ini. Karena pada dasarnya cachenya belum sepenuhnya hilang. Langsung saja.
a.     Pertama ketik ‘Disk Cleanup’ (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian menu start, setelah muncul, klik kanan pada Disk Cleanup tersebut dan pilih Run as Administrator. Jika muncu kotakl Drive Selection, pilih saja drive C lalu klik OK, lalu tunggu proses Calculating nya.
b.     Setelah muncul kotak Disk Cleanup nya, centang saja semua pilihan yang ada, kecuali pilihan Download jika anda memiliki file yang terdownload yang belum anda backup. Jika file download anda tidak ada, maka anda boleh centang semua pilihan. lalu langsung saja klik OK, jika muncul kotak dialog, klik Delete Files.

c.    Tunggu proses pembersihan selesai, ini mungkin memakan waktu cukup lama jika file sampah pada laptop anda cukup banyak, jika telah selesai maka kotak proses penghapusan file sampah tadi akan hilang dengan sendirinya.
d.      Lakukan juga proses tersebut drive lainnya D: atau E: supaya seluruh file cache yang ada bisa terhapus.
e.        Setelah proses penghapusan pada semua drive selesai, jangan lupa untuk merestart komputer anda, agar lebih efektif.
Tadi adalah beberapa cara untuk menghapus file sampah / cache pada laptop atau komputer, agar komputer anda tidak lambat lagi. Jangan lupa kunjungi juga Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda dan Cara Mengatasi Lupa Password Windows ya.  Sekian dari Putra Hagatha semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Membersihkan Cache Komputer / Laptop Agar Tidak Lambat, Bersih Tuntas."

Post a Comment

Mohon Berkomentar dengan menggunakan kata yang yang baik,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel